28/10/09

Kupu-kupu

Kupu-kupumerupakan serangga atau 'serangga bersayap sisik' (lepis, sisik dan pteron, sayap).
Kupu-kupu umumnya aktif di waktu siang, kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang. Kupu-kupu amat banyak jenisnya. Di Jawa dan Bali saja tercatat lebih dari 600 species kupu-kupu. Jenis ngengatnya sejauh ini belum pernah dibuatkan daftar lengkapnya, akan tetapi diduga ada ratusan jenis.


Banyak orang yang menyukai kupu-kupu yang indah,dan kupu-kupu melalui tahap-tahap hidup sebagai telur, ulat, kepompong, dan akhirnya ber metamorfosa menjadi kupu-kupu.

Kupu-kupu umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). Akan tetapi beberapa jenisnya menyukai cairan yang diisap dari buah-buahan yang jatuh di tanah dan membusuk, daging bangkai, kotoran burung, dan tanah basah.

Kupu-kupu dikenal sebagai hewan penyerbuk, yang membantu bunga-bunga berkembang menjadi buah. Sehingga bagi petani, dan orang pada umumnya, kupu-kupu ini sangat bermanfaat.
Untuk memanfaatkan keindahan beberapa jenisnya, kini orang mengembangkan peternakan kupu-kupu.

Hmmm...kupu-kupu..
Mungkin kehidupan manusia juga mengalami tahap-tahap yang dilalui oleh kupu-kupu. Ber - metamorfosa yaitu mengalami perubahan. walaupun perubahan yang terjadi antara manusia dengan kupu-kupu berbeda. Jika kupu-kupu mengalami perubahan dari kepompong menjadi kupu-kupu yang indah maka saya bisa katakan manusia mengalami perubahan fisik dan mental juga. 

Saya termasuk dalam golongan yang meyakini bahwa manusia mengalami perubahan dan berkembang lalu mati..
Banyak kisah dan kejadian yang menyertai perubahan dalam hidup saya..
Apakah anda juga seperti saya..???


Comments :

0 komentar to “Kupu-kupu”


Posting Komentar

Silahkan berkomentar..