17/12/09

Pemancing Ikan Melepas Ikan

"Waaah..neng sudah datang rupanya," sambut Pak Darji seraya mengembangkan senyum sumringahnya.
"Iya Pak," jawabku singkat, "ini Pak saya bawakan kopi panas.. Buat teman mancing.." lanjutku sambil menyodorkan segelas kopi.

Lalu aku duduk disamping Pak Darji yang sedang sibuk memilah cacing untuk umpan ikan nanti.
Kami duduk di pojok danau buatan tadah hujan ini. Waktu aku baru datang, aku cukup kesulitan menemukan Pak Darji. Taman ini cukup luas, aku mengedarkan pandangan mencari sosok tua itu tapi tidak menemukannya. Aku menyeberang lewat titian menuju pulau buatan ditengah danau, berharap pak tua itu ada di balik mini teater. Aah ternyata dia ada di seberang pulau, terpaksa aku berbalik keluar melewati titian tadi dan berjalan memutar menghampiri pak tua itu.

Pak Darji, demikian aku memanggil lelaki tua berumur sekitar 70 tahun atau lebih. Sebenarnya jika melihat dari usianya aku tidak percaya dia sudah setua itu. Pak Darji berperawakan tinggi dan besar, meski sudah termakan usia. Rambutnya kelabu, membuat aku heran.. Mengapa tidak putih seperti uban kakekku.

Pagi ini Pak Darji seperti pagi-pagi sebelumnya, memakai kemeja putih dan bercelana panjang hitam, membawa pancing dan kail serta tak lupa ember kecil berisi cacing. Sudah satu minggu ini aku menemani Pak Darji memancing, memperhatikannya dan mengajaknya ngobrol segala hal.

"kalau tidak salah, Bapak datang ke Taman ini hampir setiap hari ya..?" tanyaku ringan.

"iya neng.."jawabnya, "Bapak mancing disini dari jam 6 pagi neng," lanjut Pak Darji.

"waah..lama juga Pak ya..berarti sudah 2 jam dong Pak. Bapak gak bosan..?" kataku sambil meniup kopi panas.

"Hahaha..ya kalo tidak suka memancing pasti akan bosan. Neng tidak suka memancing ya..?" tanya Pak Darji padaku.

"bagi saya, memancing itu membosankan. Buat apa menunggu ikan matok kail yang belum tentu ikan mau. Kan kalau mau ikan, saya tinggal beli di pasar. Gampang dan cepat..." jawabku dengan nada sok tahu.


Mendengar jawabanku Pak Darji tertawa ringan seraya menyeruput kopi yang aku bawa tadi.

Comments :

3 komentar to “Pemancing Ikan Melepas Ikan”

Hai...salam kenal dari penghobi memancing yang suka melepaskan ikan....hehe...fishing for save environment, for refresh N' sensations

Syaiful Rachman mengatakan...
on 

Hai..terima kasih banyak atas kunjungannya. Sebenernya ini cerita belum selesai coz lg sedikit sibuk...hehehe... I hate fishing but i love fish...hehehehe...

Ev mengatakan...
on 

Haha...kenapa Non kok ga suka mancing? Kalo saya sih duluuu...sekali sangat ga suka mancing...anggapan saya...mungkin sama dengan pemikiran orang lain terutama para perempuan...bahwa memancing itu hanya buang waktu dan buang duit, tetapi karena rasa penasaran...suatu saat saya coba ikutan mancing...ehhh ternyata asyik juga, ada suatu sensasi yg belum pernah saya dapatkan, dan yg pasti sensasi itu tidak bisa dibeli atau dihargai oleh uang. Btw...akhirnya keterusan sampai sekarang.

Saat waktu terus berjalan, akhirnya saya banyak kenal para pemancing yg sdh senior dan Pro, apalagi saya sering browsing di situs dari luar, makin bertambah wawasan untuk perduli akan kelestarian lingkungan dan alam. Kalo saya tidak punya hobi memancing pasti saya tidak akan pernah perduli, mau seperti apa alam kita, saya tidak perduli apakah persediaan ikan di alam itu masih banyak atau sudah punah.

Ternyata banyak sekali ikan asli Indonesia yg populasinya sudah jauh berkurang, bahkan dibeberapa daerah sudah punah. Oleh karena itu sekarang saya kalo mancing bukan utk mencari ikan utk dikonsumsi, toh...kalo niatnya mau di konsumsi ngapain cape2 dan buang waktu utk mancing...hehe mending beli aja ke pasar ikan....haha, tetapi sensasi yg tidak dapat terbeli.

Seberapa lama kita bisa mendapat sensasi dari memancing tergantung stok ikannya di alam, oleh karena itu dalam memancing saya cenderung menerapkan sistem tangkap dan lepas (catch, tagging and release), maksudnya ikan yg masih kecil lebih bijak untuk dilepas, supaya bisa tumbuh besar dan punya kesempatan berkembang biak, ikan yg merupakan indukan sebaiknya dilepas agar dapat berkembang biak dialam, ikan indukan yg sedang bunting sebaiknya dilepas, karena jika kita mengambil 1 ekor ikan yg sedang bertelur, artinya kita akan kehilangan stok ribuan ikan dimasa depan, kalopun mau bawa pulang ikan secukupnya saja, 1 atau 2 ekor.

-But I hate pemancing yg serakah= over fishing
-I hate tukang setrum ikan dan tukang racun ikan, bikin punah ikan, dan ikan yg masih hidup akan mandul.
-I hate pemancing yg buang sampah di air, apalagi sampah plastik, perlu waktu ratusan tahun untuk di uraikan, sungai atau danau yg tercemar sampah, tidak akan ada lagi ikannya.

Beberapa jenis ikan yg populasinya sudah langka adalah:
-Hampala macrolepidota
-Snake head seperti toman, kerandang
-Marlin dan layaran
-Black bass
-Sappan atau Mahser

Syaiful Rachman mengatakan...
on 

Posting Komentar

Silahkan berkomentar..