30/10/09

Rumah




Dalam bahasa Inggris, ada 2 kata yang merujuk ke kata Rumah, yaitu House, dan Home. House lebih mengarah ke sifat fisik yaitu bangunan, sedangkan Home lebih mengarah ke suasana. Sementara dalam bahasa Indonesia, hanya ada banyak sinonim Rumah yang lebih mengarah ke sifat bangunan, seperti gubuk, istana, griya, dan lain sebaginya.

Rumah adalah tempat tinggal, tempat segala cerita kehidupan manusia yang menghuninya terjadi. Rumah melindungi penghuninya dari terpaan angin, guyuran hujan, badai dan lain sebagainya.

Rumah menjadi saksi sejarah atas setiap aktivitas penghuninya. Tempat tumbuh dan berkembang, marah, sedih, senang, kalut, dan semua rasa yang telah dirasakan si penghuni, akan disaksikan oleh rumah. Bisa jadi sejak lahir, si penghuni telah menempatinya… bisa juga, sejak ia memulai keluarga baru, melanjutkan kewajiban sejarah bagi setiap manusia. Banyak sekali cerita yang terjadi di dalam rumah dan cerita itu terus akan membekas dalam memory si penghuni.

Dalam masa modern ini, tingkat aktivitas manusia semakin banyak. Tuntutan karier, pekerjaan, proyek, dan lain sebagainya membuat fungsi rumah hanya sebagai tempat tidur dan beristirahat. Rumah akan ditempati ketika mereka yang mengatasnamakan karier dan pekerjaan sudah kelelahan setelah beraktivitas seharian.

Jika fungsi rumah hanya sebagai tempat istirahat dan tidur, maka rumah tak lebih berfungsi sama layaknya hotel, losmen atau penginapan. Tidak ada kehidupan yang berarti di sana.. hanya mandi, makan, setelah itu tidur, lalu esok paginya kembali ditinggalkan… dan akan dikunjungi lagi setelah kita kelelahan.

Rumah bisa juga menjadi simbol kemakmuran si penghuni. Semakin besar rumah yang dimiliki.. semakin kaya orang tersebut. Lokasi rumah juga menentukan status sosial si penghuni. Jika rumah anda berada dalam sebuah perkampungan yang kumuh, dapat dipastikan bahwa status sosial anda termasuk golongan rendah. Sementara jika rumah anda berada di sebuah komplek perumahan yang elit atau di tepi jalan utama yang ramai, maka secara tidak langsung anda dianggap mempunyai status sosial yang tinggi. Benarkah?

Bagiku, rumah adalah tujuan akhir dari setiap perjalananku.

Comments :

2 komentar to “Rumah”

i have no home..so ?i want your sugest...

Anonim mengatakan...
on 

if you feel at home when you come to somewhere... it's your home..

Ev mengatakan...
on 

Posting Komentar

Silahkan berkomentar..